Apa Arti Ikhfa Syafawi dalam Al-Quran?

May 16, 2018
Lainnya

Ikhfa Syafawi merupakan salah satu konsep penting dalam ilmu Tajwid yang merujuk pada cara pelafalan huruf-huruf Arab dalam Al-Quran. Istilah ini berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti "menyembunyikan".

Pengertian Ikhfa Syafawi

Ketika membaca Al-Quran, terdapat beberapa huruf yang memiliki sifat ghunnah (bergetar) ketika diucapkan. Salah satu cara untuk mengucapkan getaran ini adalah dengan menerapkan ikhfa syafawi.

Bagaimana Konsep Ikhfa Syafawi Diterapkan?

Konsep ikhfa syafawi diterapkan ketika huruf ج (Jim) dalam Al-Quran diikuti oleh salah satu huruf hijaiyah yang memiliki sifat ghunnah, yaitu ن (Nun), م (Mim), و (Waw), ی (Ya), atau ر (Ra).

Contoh Penerapan Ikhfa Syafawi

Sebagai contoh, dalam kata "رَأَىٰ" (ra-a), huruf ر diikuti oleh huruf أ yang memiliki sifat ghunnah. Dalam kasus ini, ikhfa syafawi diterapkan untuk menyembunyikan getaran dan mempercepat pengucapan.

Penutup

Dengan memahami konsep ikhfa syafawi, kita dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran kita dan meraih keberkahan dalam setiap ayat yang kita bacakan. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda dalam mendalami ilmu Tajwid.